;

KESATUAN DALAM HIDUP MANUSIA; PERSAHABATAN DAN PERSAUDARAAN


Persaudaraan dan persahabatan bukan kata yang asing dan sangat akrap terdengar di telingah kita. Keduanya saling mendukung di dalam prosesnya. Sebab di dalam persahabatan ada persaudaraan dan sebaliknya, di dalam persaudaraan ada persahabatan antara kakak dan adik.

Untuk mendapatkan seorang sahabat saja perlu perjuangan dan pengorbanan. Sama seperti persaudaraan yang di miliki semua insan di bumi ini. Untuk mendapatkan seorang saudara saja perlu perjuangan dari orang tua kita. Tanpa mereka tidak mungkin kita memiliki seorang saudara.

Persahabatan dan persaudaraan sebetulnya sangat mirip, namun stidaknya ada perbedaan. Persahabatan terjadi kapan saja dan dimana saja serta dengan siapa saja. Bersahabat dengan diri kita juga perlu, agar kita bisa menguasai sifat-sifat serta apa saja yang ada di dalamnya. Persahabatan yang terjadi antara sesama manusia terkadang bisa runtuh dan bisa juga berlalu atau hilang, tergantung orang-orang yang bersahabat. “Persahabatan selalu berakhir dengan cinta tetapi cinta tidak selamanya berakhir dengan persahabatan”. Dan jangan heran jika suatu saat persahabatan hancur karena cinta.

Persaudaraan berasal dari kata saudara. Persaudaraan itu terjadi secara alami dan terjadi secara turun temurun serta memiliki hubungan darah. Kita perlu bersyukur kepada Tuhan karena masih memberikan saudara untuk di miliki. Persaudaraan itu mulia, jangan menganggap sebagaii suatu ketidakadilan namun sebaliknya. Petiklah nilai positifnya agar hubungan baik bisa terjadi setiap saat. Persaudaraan sangat bermakna dalam melewati hari-hari yang dilalui bersama. Saudara yang dimiliki adalah sesuatu yang abadi dan yang akan ada selamanya. Sering banyak orang yang tidak menghiraukan saudaranya, padahal saudara itu memberikan suatu kebanggaan tersendiri. Baik untuk persaudaraannya sendiri maupun orang-orang yang telah memberikannya saudara. “Persaudaraan itu indah dan sangat indah bila di hiasi dengan kasih dan sayang., karena persaudaraan meskipun runtuh oleh manusia tetapi dianggap harmonis oleh Tuhan sang pemberi”.

Perjuangkanlah persahabatan dan persaudaraan yang telah dimiliki karena itu merupakan anugerah terindah dalam hidup. Hiduplah dalam persahabatan maka disitu akan terjalin persaudaraan dengan sendirinya.

________________
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Komentar

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Popular Posts

Postingan Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.
Social Bookmarking