;

Pesatnya Teknologi Digital di Masyarakat Luas

Sadar atau tidak. Sejak dahulu sekitar tahun 1990an pada massa-massa media cetak dimana yang dikenal adalah koran dan majalah, kita sudah di ingatkan tentang virus maut teknologi informasi. Ini telah menjadi bukti di jaman kita sekarang. Jaman yang disebut-sebut sebagai jaman informasi. Media yang digunakan masyarakat sangat berubah drastis. Dulu dimana-mana, orang selalu membeli majalah dan koran untuk membaca berita teraktual atau berita-berita hangat. Saat ini adalah yang sangat jarang dilihat. Media seperti koran dan majalah tak dimanfaatkan lagi. Ini tak lepas dari dampak teknologi digital yang begitu mengglobal.

Di Indonesia saat ini, teknologi digital sangat terasa dimanfaatkan oleh masyarakat.  Masyarakat sudah biasa atau sudah menjadi hal yang lumrah dalam mengggunakan teknologi. Masyarakat pada umumnya sudah mengenal apa itu komputer dan bagaimana kita menggunakan internet. Perkembangan ini begitu pesat dan hampir semua elemen masyarakat ikut serta dalam pemanfaatan teknologi digital. Tanpa kenal usia ataupun golongan.  Ini sangat terlihat dengan antusiasme masyarakat  dalam memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook, twitter dan lain-lain. Dimana-mana, dan mungkin 80% dari populasi yang ada memiliki akun pribadi dalam jejaring-jejaring sosial tersebut. Kegunaan jejaring sosial berdampak positif walaupun terselip sisi buruknya. Masyarakat yang dulu tak saling kenal atau sanagt asing kini menjadi akrab atau setidaknya saling kenal. Masyarakat sudah melek dengan media. Hampir semua  masyarakat kita tahu akan cara kerja media.  Ini tidak seperti jaman konvensional dimana media berbasis teknologi digital hanya digunakan oleh kalangan tertentu. Dimana pula, hanya seorang jurnalis yang meliput situasi untuk dipublikasikan.
Di jaman ini, kita seakan tak bisa membedakan siapa dan mana yang jurnalis dan mana yang bukan. Bagaimana tidak...? Lewat website, masyarakat memanfaatkan media tersebut sebagai tempat menuangkan ide dan pikiran lewat tulisan. Masyarakat mampu memuat tulisan dan berbagi informasi lewat website. Banyak muncul komunitas-komunitas website hampir setiap di daerah-daerah indonesia. Ada komunitas blogger seperti, Komunitas Ngawur dan Blogger Nusantara dan website seperti di Pusat Teknologi. Lewat media ini, tertuang ide-ide  lewat tulisan yang begitu bermanfaat untuk dibagikan kepada masyarakat luas. Itu sebabnya, saya katakan sulit untuk bedakan mana yang jurnalis dan mana yang bukan jurnalis. Maybe...!!!

Disamping itu, tersedia pula website-website yang mampu dioptimalkan masyarakat kita saat ini. Lewat website transaksi jual beli dapat dimanfaatkan dan digunakan secara baik. Dulu ketika saya ingin beli baju baru, maka saya harus keliling toko untuk mencari barang yang sesuai dengan keinginan saya. Itupun tidak mungkin menemukan barang tersebut. Sekarang teknologi sangat memudahkan kita. Masyarakat luas dapat membeli produk-produk atau barang-barang dengan gampang lewat media internet (website dan sejenisnya) dengan mudah tanpa harus pergi ke toko. Ini adalah situasi yang benar-benar mampu dimanfaatkan masyarakat kita untuk melakukan sebuah aktivitas tanpa menguras tenaga dan waktu.

Mungkin pemanfaatan teknlogi digital lewat media website dapat memudahkan kita masyarakat indonesia lewat cara tersebut. Dalam hal ini adalah dunia jual beli atau usaha. Mari kita lihat, negara kita adalah negara kepulauan yang begitu jarak dan luas. Jika saya berada di Pulau Sumatera, dan saya menginginkan sebuah barang/produk yang amat langkah dan hanya terdapat di Pulau Kalimantan. Apakah saya harus pergi ke kalimantan dengan mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk mendapatkan barang tersebut...??? Yang harus dipikirkan bersama adalah bahwa, lewat pemanfaatan media teknologi tersebut kita bisa melakukan transaksi jual beli dengan mudah dan gampang tanpa harus membuang-buang waktu dan tenaga. Inilah sebuah kesempatan yang harus dioptimalkan secara baik oleh masyarkat kita.

Dibidang lain, misalnya dibidang pendidikan. Metode belajar siswa tampak berubah pula. Ada metode belajar siswa berbasis Teknologi Informasi (TI). Ini sangat memudahkan siswa-siswa dalam belajar dengan menggunakan bantuan softwere. Sebuah inisial dalam hal untuk peningkatan mutu pendidikan. Bahwa, teknologi digital sangat membawa pengaruh positif dalam dunia pendidikan pula.


Pemanfaatan teknologi digital terkesan baik dimasyarakat luas. Mungkin tak salah lagi jika kita menyebut era sekarang adalah era teknologi. Di era ini, teknologi digital telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sehari-hari.

Ya, teknologi digital sangat pesat dan membawa manfaat dalam berbagai bidang. Tentu ada segi positif dan negatif dalam perkembangan teknologi saat ini. Tapi bagaimana kita mampu menganalisa dan mengoptimalkan segi positif dalam memanfaatkan teknologi digital yang mengalir begitu pesat di masyarakat luas. Baik buruknya tergantung masyarakat atau kita sebagai pengguna Teknologi tersebut.

***********

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

11 comments

3 Juli 2012 pukul 13.05

nice share post

3 Juli 2012 pukul 13.06

teknologi dari tahun ke tahun semakin canggih sobat :)

3 Juli 2012 pukul 13.48

@Rezeki BarokahThanks kawan...

3 Juli 2012 pukul 13.52

@BlogS of HariyantoBegitulah sob.
Sangat membantu kita...

4 Juli 2012 pukul 17.35

jadi kesimpulannya kita harus meng update kemampuan kita biar gak ketinggalan zaman,, hehe

4 Juli 2012 pukul 18.43

@Addimasyqi
iya deh sob... Biar kita gak kalah sama negara lain... hehehe

4 Juli 2012 pukul 18.44

@affanibnu
Thanks gan...

5 Juli 2012 pukul 21.56

emang teknologi itu ga pernah ada batasannya :D

5 Juli 2012 pukul 22.11

@asepta
Dulu orang-orang didesa gak kenal dgn teknologi. Tapi sekarang...mmmmm, semua pd pinter2...

16 Juli 2012 pukul 20.26

Selamat mengikuti lomba.
salam kenal.
ditunggu ya kunjungan baliknya , ,
Makasih ^.^

17 Juli 2012 pukul 08.34

@Berbagi Bersama Thanks sob... Salam kenal...

Posting Komentar

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Popular Posts

Postingan Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.
Social Bookmarking