;

Refleksi Akhir Tahun: Hargai Diri Sendiri


Kelihatan lebih ramai kota ini. Kendaraan yang begitu padat hingga kadang saya menemui beberapa titik jalan raya yang begitu macet dan padat dengan kendaraan. Hal tersebut mungkin merupakan hal lumrah saat liburan terutama saat menjelang akhir tahun seperti ini. Ya, tersisa beberapa hari lagi tahun akan berganti dari tahun 2011 ke tahun 2012. Karena, saat-saat tersebut kebanyakan orang-orang mengunjungi keluarga,
menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun reuni keluarga. Benar....??? Sayangnya saat ini, saya tidak seperti yang lain. Saya berada jauh dari keluarga, tak berkumpul ataupun reuni bersama keluarga saya. Bukan untuk pertama kali. Tiga tahun saya natal dan mengakhiri tahun lama dan menyambut tahun baru jauh dari keluarga. Sesuatu yang menyedihkan, namun sesuatu yang harus saya terimah dan jalani demi masa depan saya yang juga kebanggan keluarga kelak. Ahhh, teman-teman, sahabat-sahabat, kenalan saya juga keluarga saya kok. Tak perlu larut dalam sedih. hehehe.....

Tapi, kita perlu tahu bahwa ada suatu hal yang lebih bermakna dari hal diatas. Saat seperti sekarang ini merupakan
waktu untuk refleksi diri secara pribadi. Hal-hal yang telah dicapai tahun ini, ataupun yang belum dicapai. Hal-hal yang diharapkan ditahun yang akan datang dan juga sebuah harapan untuk lebih baik ditahun yang akan datang. Yah, mungkin ini yang wajib saya lakukan.
Saya perlu melihat ke belakang dan merenung, apa yang sudah saya lakukan di tahun 2011 yang sedikit lagi akan berlalu. D
an melihat apakah saya sudah mencapai tujuan yang saya tetapkan. Bukan untuk mengalahkan diri saya sendiri jika saya tidak mampu untuk melakukannya tetapi untuk dapat menganalisis apa yang salah dan apa yang harus saya lakukan tahun depan.

Saya tidak akan berbagi kepada anda apa yang telah saya alami dan lakukan ditahun 2011 ini. Mungkin hanya beberapa hal saja yang akan saya sharekan.
Salah satunya adalah tentang dunia bloging saya. Lewat ngeblog, saya dapat mengisi waktu luang saya. Dan tahun 2011 adalah tahun dimana saya mulai aktif ngeblog. Teryataa blog itu menyenangkan. Disini, saya dapat mengekspresikan sesuatu yang saya tahu dan alami sambil belajar. Semoga saja saya dapat terus ngeblog. Saya juga dapat memiliki banyak teman, banyak kenalan ditahun 2011. Masih banyak lagi hal-hal menyenangkan yang saya alami. Namun, mungkin saya tidak bisa share banyak-banyak disini. Ahhh, tidak boleh terlewatkan yang satu ini. Sebuah kebahagian yang amat terekam dan abadi dalam hati saya. Tepatnya dibulan desember ini, saya dapat mengenal  dan memiliki seorang bapak di tanah rantauan ini. Bapak andreas......!!! Sosok penyayang yang saya kenal dan tak kala rasa sayangku pada beliau seperti ayah, ibu dan keluarga saya lainnya. Trimah kasih bapak adreas.

Disamping itu, tentu saja, ada banyak hal-hal pahit dan kurang menyenangkan ditahun 2011. Terasa pula, ditahun ini kayanya saya berubah menjadi sosok yang egois. Ya....!!! Juga agak malas-malas kuliah. Kurang serius begitu. hahaha. Pokoknya masih banyaklah. Refleksi pribadi untuk dapat diperbaiki pada 12 bulan yang akan datang. kwkwkwkwkw. Banyak juga kekurangan-kekurangan dan kegagalan yang harus dibenahi. Ini mengingatkan saya pada tulisan dinding facebook. Tepatnya 5 desember 2011. Saya tulis di dinding facebook "
i'm lusty's. Kadang muncul sikap egois yang tak bisa dibendung dalam diri lusty____ Lusty's, not perfect, kawan!!!!!!!!!!!!!! maklumi bila terhadap anda egois ini muncul". Pesan dinding ini saya tulis seketika saat saya merenung. Memang kadang saya begitu..... wahahahaha.

Harus diketahui bahwa penting untuk melihat dan menghargai diri sendiri. Meskipun ada banyak tujuan yang belum tercapai, pengalaman pahit, ataupun kegagalan yang dialami tahun ini. Saya banyak gagal, banyak tujuan yang belum tercapai ditahun ini, tapi saya tetap senang. Saya harus menghargai diri saya secara utuh. Bahwa apapun yang terjadi, saya akan senang dengan diri sendiri. Saya merenung kembali dan senang karena saya memiliki kebahagian di tahun ini.

Akhirnya saya ingin mengucapkan:
Selamat Menyambut Tahun Baru 2012...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 comments

30 Desember 2011 pukul 14.21

Selamat taun baru dan natal juga mas :)

30 Desember 2011 pukul 15.13

@Musa Khairul UmamSAMA2 MAS. mET TAHUN BARU JG YA

Posting Komentar

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Popular Posts

Postingan Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.
Social Bookmarking