;

Cara Membuat Blog


Banyak orang yang belum tahu bagaimana cara membuat sebuah blog. Padahal mereka pingin untuk memiliki sebuah blog. Contohnya: banyak teman saya di kampus sering tanya, "Bagaiman cara untuk membuat sebuah blog...??? Membuat blog itu gampang friend...!!! Kata siapa kalo sulit...???  Sangat gampang dan simpel. Dalam beberapa menit saja kita sudah bisa memiliki sebuah blog. Lagian gratis.....!!

Sebelumnya mari kita tahu terlebih dahulu, "apa itu blog?".  Pasti ada yang belum tahu kan?  Kata orang, tak tahu maka tak sayang. Jadi kita harus terlebih dahulu tahu biar bisa sayang/suka sama blog yang akan dibuat. hehehe......

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Sumbernya dari wikipedia, jadi jangan kira saya ngarang. hehehe. Singkat saja ya friend. Untuk tahu lebih jauh lagi silahkan friend cari saja di wikipedia. Atau klik saja disini:apa itu Blog?  

Ada dua layanan blog yang disediakan gratis buat kita, yaitu: yaitu blogspot.com dan wordpress. Tapi disini saya akan memberikan tips untuk membuat blog dari blogspot saja , ya friend...! Pasti ada yang tanya, "Kenapa harus blogspot bukan wordpress, semuanyakan gratis?"
Di blogspot.com, kita tidak perlu melakukan instalasi, karena sudah disediakan oleh bung google. Fitur-fiturnya gampang digunakan dan mudah di update. Dan ada banyak kemudah-mudahan yang ada di blogspot.com dibanding yang lainnya.

Yukkk, kita mulai dengan langkah-langkah untuk membuat sebuah blog dari blogspot.com.

Ini dia tips & triknya:
 

  • Tentu saja kita harus punya sebuah email dari google. Saya sarankan untuk menggunakan gmail karena blogger dan gmail semuanya dari google(satu atap). Kalo yang belum ada/ belum bisa buat akun gmail dari bung google, disini tersedia juga tips & triknya. Jadi friend klik saja disini:Cara Membuat Email di google.
  • Bagi yang sudah punya akun gmail, lansung saja kita masuk ke blogspot. Klik saja disini: www.blogspot.com. Nah setelah itu akan muncul halaman seperti gambar di bawa ini:
    Add caption
    Setelah itu friend klik saja di tulisan Buat Blog, dalam kotak warnah orange.
     
  • Ketika kita mengklik tulisan buat blog, maka akan muncul halaman seperti ini:

    • Disini friends isikan data-data pada kotak yang tersedia.
      Alamat email : ketikan email friend sesuai dengan email yang telah dibuat di gmail.
      Ketik ulang alamat email : ketik lagi email yang sama seperti diatas.
      Masukan sebuah paswod : isi kata kunci (min. 8 karakter)
      Ketik ulang sandi :  kata kunci yang sama diisi lagi disini.
      Nama tampilan : Terserah friend, pingin nama apa yang ingin ditampilkan.
      Verifikasi: ketik kata sesuai gambar yang ada.
      Penerimaan Persyaratan: klik pada kotak agar muncul tanda centang.

      Setelah selesai mengisi halaman tersebut klik lanjutkan pada kotak berwarnah orang.
  • Akan muncul halam seperti ini:
 
    • Judul Blog: isi dengan judul yang ingin friend gunakan. 
    • Alamat blog URL: isi juga sesuai dengan kemauan friend (tidak boleh spasi). Setelah itu klik lanjutkan pada tulisan berwarna orange itu.
  • Sekarang akan muncul kotak halaman dimana friend ingin tampilan blog itu seperti apa? Misalnya friend jatuh cinta (ehhh, maksud saya suka) dengan  tampilan hitam, maka klik saja pada gambar yang berwarnah hitam, maka tampilan yang  muncul pada blog friend akan seperti itu. Kemudian klik lanjutkan.
  • Kemudian akan muncul halaman seperti ini:

Sekarang, friend tinggal memposting artikel-artikel yang ingin diterbitkan/ditampilkan. 
  •  Langsung saja Klik  Mulai Blogging maka akan terlihat seperti  pada gambar ini:
    • Judul Postingan: Isikan Judul Tulisan/Artikel friend. 
    • Pada kolom yang lebar itu, masukan isi artikel yang ditulis.
      Label untuk entri, isi dengan jenis artikel yang friend tulis itu. Misalnya: isi tulisan friends tentang inspirasi, maka friends isi kotak itu dengan tulisan inspirasi.
  • Setelah selesai tulis/mengisi artikel, sekarang friend klik terbitkan entri. Akan muncul halaman seperti ini:
Jika tulisan muncul, maka friend sudah berhasil menerbitkan sebuah postingan.
  • Jangan lupa untuk konfirmasi blog friend. Masuk ke email google friend dan lihat pada kotak masuk. Disana akan ada sebuah email masuk seperti gambar ini.
    Klik pada link yang bertuliskan warnah biru untuk konfirmasi blog friend.
  • Setelah itu akan muncul halam seperti ini.
  • Jika friend ingin beristirahat/pulang rumah, karena menggunakan komputer umum diwarnet, maka jangan lupa untuk logout/keluar di pojok kanan ya.

Catatan: sewaktu-waktu jika friend ingin memposting lagi atau ingin mengupdate tampilan blog, maka tidak perlu  mendaftar lagi. Friend tinggal masuk ke:
www.blogspot.com
.  Setelah itu masukan email dan pasword sama seperti yang sudah dibuat sebelumnya. Klik masuk untuk membuka blog yang telah dibuat. setelah itu tinggal pilih, apa yang ingin friend lakukan.
Ok. Sampai disini dulu ya. Saya berharap friend bisa mengerti akan bagaiman cara membuat sebuah blog dari postingan tersebut.

Jangan lupa tinggalkan komentarnya ya...!!!

GOOD LUCK


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Komentar

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Popular Posts

Postingan Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.
Social Bookmarking